Rabu, 19 Oktober 2011

Shinta Ayu S - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

1. PerananmahasiswacalonsarjanaInformatikauntukmengajakdalamkeMa’rufan!
-   Al-Ma’rufmerupakanismunjami’ (kata benda yang mencakup) tentangsegalasesuatu yang dicintai ALLAH SWT baikperkataan, perbuatan yang lahirmaupunbatin yang mencakupniat, ibadah, struktur, hukumdanakhlaq. Dan disebutma’rufkarenafitrah yang masihlurusdanakal yang sehatmengenalnyadanmenjadisaksikebaikannya. Dan maknaamarma’rufadalahberdakwahuntukmelaksanakannyadanmendatanginyadengandisemangati.

- Al-Munkaradalahismunjami’ yang mencakupsegalasesuatu yang dibenci ALLAH dantidakdiridhai-NYA, baikberupaperkataan, perbuatan yang lahirmaupun yang batin, termasuk di dalamnyasyirik, penyakit-penyakithati, menyia-nyiakanibadah, perbuatan yang keji, dll. Dan disebutmunkarkarenafitrah yang lurusdanakalsehatmengingkarinya, bersaksiataskeburukannya, bahayanyadankerusakannya. Dan maknanahimunkaradalahmencegahmanusiadarimendatangidanmelakukannyadenganmenjauhkandarinyamenghal-halangidarinyadanmemotongsebabkearahnya.

2.                   PeranmahasiswasebagaicalonsarjanaInformatikadalammencegahdari yang mungkar!
-                     Mengajakberbuatkebaikansangatlahmudahmisalnyayangsedarhanadansimpeladahdengancarasenyumkepadatemanmisalnyadenganbegitukitasudahberbuatkebaikan .contohselanjutnya yang sangatsederhanasajaapabilaadateman yang tidakmembawaperlengkapantulismisalnyabolpoinkitaharusmeminjaminyadenganhanyameminjamkanbolpoinkitasudahberbuat yang ma'ruf.

Cara menjauhkandiridari yang mungkaradalahdengancaramengikutikegiatankemahasiswaan yang ada di kampusdanganbegitukitaakanterhindardarihal-hal yang munkar.contohselanjutnyakitamendirikansebuahorganisasi yang sifatnyamembantumasyarakat ,misalnyabaksosdenganbegitukitaakandisibukkanolehkegiatan-kegiatan yang bersifatpositifjadikitatidakadawaktuuntukberbuat yang nigatif/munkar.
-                      Membuatmajalahatau tabloid yang berbasisIlmuPengetahuan agama danmenjadipengetahuan yang bermanfaatbagimasyarakatterutama yang memilikitempattinggaljauhlebihterbelakangdaripada di kota-kotabesar.


3.                   PeranmahasiswasebagaicalonsarjanaInformatikadalammewujudkankeimanan!
SebagaiumatmanusiaUmatmanusia yang beriman, kitapantaslahbersyukurkepada Allah swtkarenakitatelahdiberikehidupandandilahirkan di duniaini. Dan olehsebabitumenurutsayaapa yang dimaksuddenganAmalMa’rufdanNahimunkaritu?. MenurutsayaAmalMa’rufituadalahmenyuruhuntukkebaikandanNahiMunkarituadalahmencegahdarikeburukan.

SecaraLuaskitadilahirkan di duniainimemilikifisi, misi, tujuan, danlangkah-langkahdalamBeramalMa’rufdanBernahiMunkar.

1. VisidalamBeramalMa’rufdanBernahiMunkar.
Kita sebagaiumatmanusia di bumiinimempunyaivisiyaitu agar kitasemuasesamaumatmuslimdapatberjalan di jalan Allah danbisamelakukanapa yang diperintahkanoleh Allah danmeninggalkanapa yang dilarangoleh Allah.

2. MisidalamBeramalMa’rufdanBernahiMunkar.
Dalammenjalanikehidupankitaharuslah agar salingmengingatkandalamkebenarandansalingmencegahdalamkeburukan, danberusaha agar kitadapatmengingantkan sesame unatmuslimsupayatidakterjerumusdalamkeburukan, kemaksiatandanrayuansetansupayakitamasuknerakabersamamereka .

3. TujuandalamBeramalMa’rufdanBernahiMunkar.
TujuankitadalamBeramalMa’rufdanBernahiMunkaradalahsupayakitadapatmenyuruhkapadasesamaumatmuslimdalamkebaikandansalingmencegahdalamkeburukan, maksudnyaadalahkitaharuslahbisamengajakkepadateman-temankitasaudarakitaataubahkankeluargakitasendiri, niasalnyasajamenganjakmenunaikanibadahSholatsecaraberjamaah, menjalankanpuasadibulanRamadhan, mengingatkan agar supayamenjalankanperintah Allah danmenjauhilarangan Allah. Dan agar kitadapatmemperolehkebahagiaan di duniadan di ahirat.

4. Dan langkah-langkahdalamberamalMa’rufdanBernahiMunkar.
Yang pertamakitaharusbisamelakukansendiriapa yang diperintahkanoleh Allah danbisamenjauhiapa yang dilarangolehAllah,barusetelahitukitaBeramalMa’rufdanBernahiMunkardilingkungankeluargakitasendiri, kemudianpadasaudara-saudarakitabaru yang terahirpadateman-temankitaatau orang-orang yang kitakenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar